Kadang ada orang yang berkata “Saya depresi.” Atau bahkan terkadang kita juga pernah berkata seperti itu, tapi apa sebenarnya kita tahu apa arti kata sebenarnya dari ‘depresi’ itu?

Depresi adalah kondisi yang lebih dari suatu keadaan sedih yang sampai – sampai mengganggu aktivitas sosial. Beberapa gejala gangguan depresi adalah perasaan sedih, rasa lelah luar biasa setelah aktivitas rutin yang biasa, hilang minat dan semangat, malas beraktifitas, dan gangguan pola tidur. Depresi merupakan salah satu penyebab utama bunuh diri.

Penyebabnya dibagi menjadi 3 faktor:

  • Faktor organobiologis karena ketidakseimbangan neurotransmiter di otak terutama serotonin
  • Faktor psikologis karena tekanan beban psikis, dampak pembelajaran perilaku terhadap suatu situasi sosial
  • Faktor sosio-lingkungan misalnya karena kehilangan pasangan hidup, kehilangan pekerjaan, paska bencana, dampak situasi kehidupan sehari-hari lainnya

Lalu, kalau saya benar – benar mengalami depresi, bagaimana cara saya mengatasinya?

Cara pertama dan yang paling efektif adalah dengan psikoterapi. Ahli psikoterapi dapat membantu anda memahamu alasan – alasan psikologis yang menyebabkan depresi dan menawarkan dukungan untuk melalui proses sulit tersebut.

Cara kedua ialah dengan pengobatan dengan obat anti-depresi, Obat anti depresi mempengaruhi otak dan sel-sel syaraf. Secara lebih spesifik, obat-obatan bekerja dengan mengubah reaksi kimia (neurotransmitter), yang digunakan sel syaraf untuk berkomunikasi satu sama lain.

Obat anti depresi merupakan obat yang aman untuk digunakan. Obat semacam ini tidak menimbulkan ketergantungan; tidak mempunyai efek samping yang berbahaya dan dapat membantu anda mengatasi depresi. Tujuan menggunakan obat anti depresi bukanlah untuk mengatasi masalah anda dengan cepat, namun untuk memberikan diri anda kesempatan untuk merasa lebih baik.
PERHATIAN: penggunaan obat anti depresi apapun harus dilakukan setelah konsultasi dan pemberian resep dokter.

Cara yang ketiga adalah dengan mengendalikan diri sendiri. Bagaimana caranya?

Pertama, cobalah menerima diri anda sendiri Terimalah fakta bahwa anda sedang mengalami depresi dan hiduplah berdampingan secara harmonis hingga anda berhasil mengatasinya. Tidak ada seorang pun yang suka merasa depresi, namun anda harus memahami bahwa tidak ada gunanya untuk terus menerus mengatasi depresi pada titik ini karena anda belum memiliki kekuatan, determinasi, dan keinginan untuk maju. Cobalah untuk menerima apa yang sedang terjadi dalam diri anda dan sekitar anda dan tunggulah hingga kekuatan anda kembali dan anda merasa mampu untuk mengatasi depresi.

Kedua, Kenali Pikiran-Pikiran Serta Perasaan Negatif Anda

Supaya anda mampu mengubah dan mengendalikan pikiran negatif yang membuat anda terperangkap dalam siklus depresi, sangatlah penting bagi anda untuk mengenali alasan-alasan tersebut, yang merupakan penyebab utama anda merasa depresi.
Teknik yang dapat digunakan adalah dengan mencatat pikiran negatif anda setiap hari selama beberapa waktu. Lalu anda bisa menghabiskan waktu kira-kira 20 menit setiap hari untuk mengenali, mengelompokkan, dan memeriksa pikiran-pikiran negatif tersebut. Catatan pikiran-pikiran anda dan pemeriksaan atas penyebab rasa depresi tersebut akan membuat anda mampu mengenali alasan mengapa anda terdorong ke keadaan mental yang buruk dan berakhir dengan depresi. Dengan mengenali pola pikir negatif tersebut, anda mampu mencegah, dan memperbaiki bahkan menghentikan siklus depresi.

referensi: http://www.wikipedia.com

http://www.akuinginsukses.com/bagaimana-mengatasi-depresi-dan-mengubah-hidup-anda/