“I don’t want to get over her, I want to get her back”

Tom Hansen (Joseph Gordon-Levitt) adalah seorang pria yang percaya terhadap takdir dan cinta sejati. Walaupun ia ingin menjadi arsitek, tapi nasib membawanya untuk bekerja di perusahaan kartu ucapan. Ketika ia bertemu asisten baru bosnya, Summer Finn (Zooey Deschanel), ia langsung tertarik dengannya. Tetapi sayangnya, Summer tidak seperti Tom, yang percaya dengan true love. Summer memiliki pendirian untuk tidak memiliki kekasih. Ketika mereka mulai dekat, Tom dengan terpaksa menerima bahwa hubungan mereka bukanlah boyfriend-girlfriend-thing.
Tetapi sayangnya, hubungan mereka harus kandas di tengah jalan, walaupun Summer masih ingin berteman dengan Tom. Putus asa, dengan dibantu oleh sahabatnya, McKenzie (Geoffrey Arend) dan Paul (Matthew Gray Gubler) serta adik perempuan Tom *yang terkesan lebih dewasa dari Tom*, Rachel (Chloe Moretz), pikirannya pun membawanya loncat-meloncat dari hari pertama ia bertemu, perkenalan, pertengkaran pertama, hingga hari-hari paska putusnya hubungan mereka.

Terkadang film-film yang gw prediksi akan bagus berakhir dengan kekecewaan. Tidak dengan film ini. Film ini adalah salah satu film paling lovable yang pernah gw tonton. Yes, one of the most romantic ones too. Cerita dalam film ini sangat *atau mendekati* real. Karena film ini tidak menjanjikan sebuah kisah cinta seperti fairyland dan penuh dengan cinta-cintaan, dan juga tidak terlalu mellow dalam keputus-asaan. Inilah bagaimana kebanyakan hubungan antara pria dan wanita terjadi. Dialog-dialog dalam film ini sangat cerdas, dan light jokes nya pun kena banget. Dari awal film dimulai pun, author’s note nya udah bikin gw ketawa duluan. What an interesting stuff to start a rom-com movie.
Despite of being one of my favorite, Zooey Deschanel play really great here. And Joseph Gordon Levitt too! Chemistry antara pasangan quirky ini sangat pas banget menurut gw. Seperti yang gw bilang, lovable. Sepertinya jarang melihat chemistry seindah ini. Zooey & Joseph nailed this one! Semua cast bisa dibilang dapat memainkan perannya dengan baik, terutama Rachel, adik Tom yang sangat dewasa. Matthew Gray Gubler, pemeran Paul sayangnya udah gw kenal sebelumnya di salah satu serial TV favorit gw, Criminal Minds. Dan aktingnya pun tidak jauh beda dengan aktingnya di film ini, membuat gw selalu menganggap Paul sangat mirip Dr. Reid (perannya di Criminal Minds). 

Selain 2 poin diatas, ada beberapa hal yang juga gw suka dari film ini, seperti adegan dimana Tom datang ke pesta yang diadakan Summer. Terdapat dua frame disitu, antara ekspektasi nya Tom serta kenyataan. Dimana hal tersebut sangat berbeda, karena di adegan itu mereka berdua telah berpisah. Selain itu adegan klise di film-film India, dimana Tom bernyanyi dan menari setelah ia akhirnya tidur dengan Summer, serta seluruh orang di taman ikut pula bernyanyi dan menari dengannya. Meskipun cheesy, tapi entah kenapa hal tersebut membuat gw tersenyum.
Hal yang perlu dibanggakan dari film ini juga adalah soundtracknya yang menawan. Mulai dari pembuka dengan Regina Spektor sampai lagu-lagunya The Smiths (apalagi di adegan lift yang bisa gw bilang akan sangat legendaris beberapa tahun ke depan *lebay*). Semua lagu dalam film ini sangat penuh dengan youthful spirit banget. Pas!
Sebenernya gak kepengen ngebocorin sih, tapi ending di film ini walaupun sangat diluar dugaan, tapi entah kenapa sangat berkesan banget. Adegan dimana mereka berdua duduk di favorite spot nya Tom sambil berdiskusi tentang keyakinan Tom akan cinta sejati serta ketidak percayaan Summer terhadap itu. Hal tersebut akan sangat berdampak bagi kehidupan mereka berdua. Sebuah ending yang bagus dan salah satu aspek mengapa film ini gw sebut honest and very real.

(500) Days Of Summer dapat gw katakan sebagai salah satu film terbaik tahun ini dan salah satu film rom-com terbaik sepanjang masa. Memang tidak terlalu perfect disana-sini, tapi dengan cerita (serta ending) yang tidak biasa serta dibalut dengan akting yang baik serta musik yang menyegarkan, membuat film ini tidak mudah dilupakan. A very very great movie. A total recommend.

Cerita:9/10 – Akting:7,8/10 – Ending:8/10 – Overall:8.8/10

sumber: http://vampibots.blogspot.com/2009/11/i-dont-want-to-get-over-her-i-want-to.html